Senin, 16 September 2013

Intisari Mata Kuliah Pak Irwanto

Pertemuan ke I :  Teknik Penulisan Skrip dalam Multimedia Pembelajaran.

Skrip adalah sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan oleh perancang pembelajaran berbasis komputer yang meliputi analisis kebutuhan program, hasil telaah konten pembelajaran, flowchart, story board dan penetapan software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model skrip yang dimaksud yaitu :
1.      Model multimedia pembelajaran tutorial
Karakteristik Skrip model Tutorial :
Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
Ø   Informasi baru
Ø   Bersifat konsep
Ø   Luas dan mendalam
Ø   Memerlukan kontrol dan mastery learning
Ø  Berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan lainnya
Ø  Memungkinkan dipelajari secara berulang
Ø  Memiliki pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang
Ø  Membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau mastery learning secara keseluruhan
Ø  Menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif.  
2.      Model multimedia pembelajaran simulasi
Karakteristik Skrip Model Simulasi yaitu :
Ø  Bersifat proses bekerjanya sesuatu alat, penciptaan produk tertentu
Ø  Terdiri dari prosedur dalam bentuk sistem tertentu
Ø  Mempelajari cara menggunakan alat, prosedur dan langkah-langkah tertentu
Ø  Bertujuan untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen
Ø  Memperagakan dan menunjukkan simulasi secara berurutan
Ø  Berupa analisis, sistesis dan aplikasi
Ø  Memerlukan proses pengamatan yang cermat
Ø  Menekankan pada pencapaian aspek afektif dan psikomotorik
Ø  Menuntut evaluasi praktik dan pengamatan

3.      Model multimedia pembelajaran games
Karakteristik Skrip model Games yaitu
Ø  Bersifat proses mencari dan menemukan jawaban sendiri oleh siswa
Ø  Terdiri dari prosedur dan langkah serta aturan permainan yang harus diikuti selama pembelajaran berlangsung
Ø  Materi terdiri atas bagian-bagian yang harus memiliki satu kesatuan
Ø  Bertujuan untuk membuktikan sesuatu dan mencari jawaban sesuai dengan langkah permainan
Ø  Menunjukkan proses dan prosedur permainan yang menarik
Ø  Bersifat analisis, sintesis, evaluasi dan penyimpulan bagian materi
Ø  Memerlukan proses permainan dan berfikir kritis
Ø  Memerlukan bentuk dan variasi stimulus dan penguatan yang kuat
Menuntut evaluasi dalam bentuk sikap kejujuran dan kecermatan  
4.      Model multimedia pembelajaran drill
Karakteristik skrip model drill yaitu
Ø  Telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya atau akan diberikan selanjutnya
Ø  Bersifat pre-test dengan fungsi diagnostik kemampuan pemahaman dan kecepatan belajar siswa
Ø  Tanpa banyak uraian dan sederhana
Ø  Bersifat penerapan dan kesimpulan
Ø  Materi yang sifatnya dasar atau pra-syarat dalam mempelajari materi selanjutnya
Ø  Menekankan pada aspek kognitif

Arti Multimedia adalah Kombinasi berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara terpadu dan sinergis melalui komputer atau peralatan elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. Multimedia tidak harus berisi semua aspek media tersebut, tetapi minimal 2 jenis media mis teks dan gambar.



Pemanfaatan Multimedia di bidang pendidikan:
o   MPI, e-learning, CD pembelajaran, CD tutorial

Multimedia pembelajaran adalah Kombinasi teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpadu dan sinergis dengan bantuan aplikasi komputer tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Alat membuat Multimedia yaitu
Authoring Tools: digunakan untuk menggabungkan, mengedit, mengorganisir elemen-elemen multimedia sehingga menjadi paket multimedia
Contoh:
Ø  Berbasis halaman: Ms PowerPoint
Ø  Berbasis waktu: Adobe Flash, Macromedia Director
Ø  Berbasis icon: Adobe Authorware

Keuntungan Multimedia diantaranya yaitu :
Ø  Mudah digunakan
Ø  Antarmuka Intuitif
Ø  Immersive experience
Ø  Interaksi self-paced
Ø  Retensi lama
Ø  Pemahaman konten lebih baik
Ø  Efektifitas beaya
Ø  Lebih menyenangkan 


Pada pertemuan selanjutnya diterangkan mengenai apa itu power point dan cara mengaplikasikan power point dalam membuat suatu multimedia pembelajaran.

Dasar-dasar flowchart yaitu Untuk menghasilkan sebuah model program pembelajaran berbasis komputer, maka langkah awal yang harus dikembangkan dalam memproduksinya adalah MENDESAIN MODEL ALUR BERPIKIR ISI PROGRAM TERSEBUT YANG DISEBUT DENGAN MODEL FLOW CHART. 

Hakikat flowchart adalah suatu bagan yang berisi simbol-simbol grafis yang menunjukkan arah aliran kegiatan dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi.

Adapun fungsi dari flowchart adalah untuk
Ø  Representasi diagram yang menggambarkan urutan operasi suatu program.
Ø  Flowcharts facilitate communication between programmers and business people.
Ø  Flowchart membantu dalam pemahaman logika problem yang kompleks.
Ø  Membantu dalam penulisan atau implementasi program.
Ø  Membantu menjelaskan program pada orang lain
Ø  Merupakan dokumentasi program yang komleks.

Flowchart juga mempunyai tujuan, diantanya yaitu :
1.      Mendapatkan suatu alur kerja yang komunikatif
2.      Mengetahui suatu alur dan jalur proses pengerjaan sesuatu dapat dengan mudah dipahami dan dilalui serta diikuti user secara menyeluruh dan bermakna.

Simbol Flowchart serta maknanya







Tidak ada komentar:

Posting Komentar