Pertemuan ke I : Teknik Penulisan Skrip dalam
Multimedia Pembelajaran.
Skrip adalah
sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan oleh
perancang pembelajaran berbasis komputer yang meliputi analisis kebutuhan
program, hasil telaah konten pembelajaran, flowchart, story board dan penetapan
software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model skrip yang
dimaksud yaitu :
1.
Model multimedia
pembelajaran tutorial
Karakteristik Skrip model Tutorial :
Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan
untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
Ø Informasi baru
Ø Bersifat konsep
Ø Luas dan mendalam
Ø Memerlukan kontrol dan mastery learning
Ø Berhubungan
antara bagian pokok materi yang satu dengan lainnya
Ø Memungkinkan
dipelajari secara berulang
Ø Memiliki
pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang
Ø Membutuhkan
kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau mastery learning secara
keseluruhan
Ø Menekankan
pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif.
2.
Model multimedia
pembelajaran simulasi
Karakteristik Skrip Model Simulasi yaitu :
Ø Bersifat
proses bekerjanya sesuatu alat, penciptaan produk tertentu
Ø Terdiri
dari prosedur dalam bentuk sistem tertentu
Ø Mempelajari
cara menggunakan alat, prosedur dan langkah-langkah tertentu
Ø Bertujuan
untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen
Ø Memperagakan
dan menunjukkan simulasi secara berurutan
Ø Berupa
analisis, sistesis dan aplikasi
Ø Memerlukan
proses pengamatan yang cermat
Ø Menekankan
pada pencapaian aspek afektif dan psikomotorik
Ø Menuntut
evaluasi praktik dan pengamatan
3.
Model multimedia
pembelajaran games
Karakteristik Skrip model Games yaitu
Ø Bersifat proses mencari dan menemukan jawaban
sendiri oleh siswa
Ø Terdiri dari prosedur dan langkah serta aturan
permainan yang harus diikuti selama pembelajaran berlangsung
Ø Materi terdiri atas bagian-bagian yang harus
memiliki satu kesatuan
Ø Bertujuan untuk membuktikan sesuatu dan mencari
jawaban sesuai dengan langkah permainan
Ø Menunjukkan proses dan prosedur permainan yang
menarik
Ø Bersifat analisis, sintesis, evaluasi dan
penyimpulan bagian materi
Ø Memerlukan proses permainan dan berfikir kritis
Ø Memerlukan bentuk dan variasi stimulus dan penguatan
yang kuat
Menuntut evaluasi dalam bentuk sikap kejujuran dan kecermatan
4.
Model multimedia
pembelajaran drill
Karakteristik skrip model drill yaitu
Ø Telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya atau
akan diberikan selanjutnya
Ø Bersifat pre-test dengan fungsi diagnostik kemampuan
pemahaman dan kecepatan belajar siswa
Ø Tanpa banyak uraian dan sederhana
Ø Bersifat penerapan dan kesimpulan
Ø Materi yang sifatnya dasar atau pra-syarat dalam
mempelajari materi selanjutnya
Ø Menekankan pada aspek kognitif
Arti Multimedia adalah Kombinasi
berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara
terpadu dan sinergis melalui komputer atau
peralatan elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. Multimedia tidak
harus berisi semua aspek media tersebut, tetapi minimal 2 jenis media mis teks
dan gambar.
Multimedia pembelajaran adalah Kombinasi teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpadu dan sinergis dengan bantuan aplikasi komputer tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pemanfaatan Multimedia di bidang pendidikan:
o
MPI, e-learning, CD
pembelajaran, CD tutorial
Multimedia pembelajaran adalah Kombinasi teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpadu dan sinergis dengan bantuan aplikasi komputer tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Alat membuat Multimedia yaitu
Authoring
Tools: digunakan untuk menggabungkan, mengedit, mengorganisir elemen-elemen
multimedia sehingga menjadi paket multimedia
Contoh:
Ø Berbasis
halaman: Ms PowerPoint
Ø Berbasis
waktu: Adobe Flash, Macromedia Director
Ø Berbasis
icon: Adobe Authorware
Keuntungan Multimedia diantaranya yaitu :
Ø Mudah
digunakan
Ø Antarmuka
Intuitif
Ø Immersive
experience
Ø Interaksi
self-paced
Ø Retensi
lama
Ø Pemahaman
konten lebih baik
Ø Efektifitas
beaya
Ø Lebih
menyenangkan
Pada pertemuan selanjutnya diterangkan mengenai apa itu
power point dan cara mengaplikasikan power point dalam membuat suatu multimedia
pembelajaran.
Dasar-dasar flowchart yaitu Untuk menghasilkan sebuah model program pembelajaran
berbasis komputer, maka langkah awal yang harus dikembangkan dalam
memproduksinya adalah MENDESAIN MODEL ALUR BERPIKIR ISI PROGRAM TERSEBUT YANG
DISEBUT DENGAN MODEL FLOW CHART.
Hakikat flowchart adalah suatu
bagan yang berisi simbol-simbol grafis yang menunjukkan arah aliran kegiatan
dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi.
Adapun fungsi dari flowchart adalah untuk
Ø Representasi
diagram yang menggambarkan urutan operasi suatu program.
Ø Flowcharts
facilitate communication between programmers and business people.
Ø Flowchart
membantu dalam pemahaman logika problem yang kompleks.
Ø Membantu
dalam penulisan atau implementasi program.
Ø Membantu
menjelaskan program pada orang lain
Ø Merupakan
dokumentasi program yang komleks.
Flowchart juga mempunyai tujuan, diantanya yaitu :
1. Mendapatkan suatu alur kerja yang komunikatif
2. Mengetahui suatu alur dan jalur proses pengerjaan
sesuatu dapat dengan mudah dipahami dan dilalui serta diikuti user secara
menyeluruh dan bermakna.
Simbol Flowchart serta maknanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar