E-BOOK SEBAGAI MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Penggunaan
media pembelajaran sudah mulai digunakan oleh kalangan masyarakat termasuk
pendidik dan peserta didik. E-book menjadi media yang penting dalam
pembelajaran. Fungsi dan manfaat E-book sangat dirasakan oleh pengguna seperti
pendidik dan peserta didik. Apakah peran E-book sudah dirasakan bagi pendidik
dan peserta didik?
E-book
menjadi media belajar yang populer selama beberapa tahun ini karena pemerintah
secara penuh mendukung penggunaan E-book dalam pembelajaran. E-book berperan
penting dalam proses pembelajaran karena memiliki keunggulan. Keunggulan dari
E-book bisa dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Adapun kekurangan dari E-book
dilihat dari pengguna setiap daerah.
Beberapa
keuntungan eBook dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Mobility
Kegunaan yang paling menonjol dari eBook adalah
kemudahan untuk dibawa dan dibuka melalui bermacam-macam perangkat digital yang
bisa dibawa kemana saja. Teknologi eBook didesain untuk beberapa perangkat
digital contohnya: Smartphone, Ipad, tablet, PDA, netbook, laptop dan
lain-lain.
2. Ease of Updating Content
Karena format eBook dalam bentuk digital maka
salah satu kelebihan eBook adalah kemudahan untuk melakukan pengeditan,
meng-update dan mempublikasikannya kembali kepada para pembaca.
3. Cost Effective Publication
Pada cetakan tradisional dibutuhkan waktu yang lama
dan proses yang cukup panjang dalam hal mempublikasi dan mendistribusikan.
Berbeda halnya dengan eBook yang tidak menimbulkan biaya apapun dalam
hal memperbaharui, meng-edit dan publikasi atau distribusi ulang. Oleh karenanya,
manfaat eBook bagi para penulis yaitu hemat biaya distribusi ulang.
Penulis dapat meng-update tulisannya lebih sering sesuai kebutuhannya.
4. Multimedia Capability
Manfaat istimewa eBook yaitu dengan mudah dapat
berintegrasi dengan elemen-elemen multimedia (video, audio, interactive
graphics, dan sebagainya).
5. eReader “Plusses”
Salah satu keunggulannya juga pada kecocokan format
aplikasi eBook dengan berbagai device atau perangkat digital yang
membuat pengguna atau pembaca tidak perlu banyak mengutak-atik device.
6. Scalable and Re-Flowable Text
Dalam penggunaannya eBook sangat menarik bagi
pembaca karena tampilan teks, warna, ukuran dan terutama format eBook
ini telah diatur sedemikian rupa agar aspek visualnya bisa di edit oleh pembaca.
7. Built-In Dictionary
Karena ada built-in dictionary, pembaca dapat mencari
definisi setiap kata dalam bacaannya.
8. Bookmarking
Fungsi pembatas buku otomatis dapat memudahkan pembaca
untuk kembali ke halaman yang dibacanya dan membolak-balik halaman tanpa
khawatir lupa halaman yang dibaca terakhir.
9. Highlights, Annotations and Notes
Manfaat menarik eBook juga dapat menandai
kalimat yang dibaca, membuat catatan dan komentar untuk menandai bacaan
yang dibaca. Penambahan-penambahan ini akan terus menempel di eBook sampai
pembaca memutuskan untuk menghapusnya. CITATION Joe11 \l 1033 (Zarley,
2011)
Ada pula beberapa kendala dalam pemanfaatan
eBook diantaranya:
1. Lack of Comfort with Digital Reading
Sebagai alat pembelajaran, beberapa orang mungkin
merasa siap menggunakan eBook sedangkan beberapa orang masih terbiasa
dengan kenyamanan bentuk cetakan buku tradisional. Hal ini menjadi kendala
untuk menggunakan eBook sebagai alat pembelajaran bersama.
2. Limited Distribution of eReaders
Popularitas pengguna internet dan eBook dalam 2-5
tahun terakhir ini naik cukup pesat. Namun belum merata pada masyarakat. Karena
ini merupakan salah satu kendala, maka sosialisasi eBook sangat penting
untuk dilakukan agar masyarakat mengerti pentingnya eBook dalam melakukan
efisiensi biaya cetak.
3. Variations in Hardware and Software
Beberapa perangkat keras digital mungkin memiliki
software yang sama untuk dapat membaca eBook. Tapi beberapa memiliki
format software yang berbeda untuk membaca eBook. Hal ini menjadi kendala
karena ketidaksamaan interpretasi oleh masing-masing software untuk
memvisualisasikan eBook. CITATION Joe11 \l 1033 (Zarley, 2011)
Di Indonesia penggunaan eBook belum
begitu populer seperti di Amerika Serikat yang telah mencapai angka 53% pembaca
perpustakaan memilih eBook. Di Indonesia penggunaan eBook hanya
populer pada pengguna gadget dan masyarakat perkotaan yang telah memiliki
kemudahan akses internet. Itulah sebabnya mengapa E-learning hanya
tersedia dikampus-kampus dikota-kota besar. Kemungkinan untuk masyarakat
memilih eBook sebagai bahan acuannya masih sangat kecil dan belum bisa
merata.
Sebagai
alat pembelajaran yang memiliki manfaat efisiensi biaya dan waktu bagi pengajar
dan siswa, eBook juga memiliki manfaat yang sama dalam organisasi
sebagai contoh untuk kegiatan training karyawan. Pemanfaatan teknologi seperti web-based
training memberikan sejumlah kemudahan bagi trainer untuk menyampaikan
bahan materinya kepada peserta training. Penggunaannya yang mirip dengan
cetakan buku tradisional dengan keuntungan tidak perlu membeli stabillo,
pensil, pulpen, pembatas buku, juga tidak perlu fotocopy untuk memperbanyak
materi, membuat eBook menjadi alat yang lebih baik untuk menggantikan cara lama
dengan mempergunakan buku cetak. Kemudahan integrasi dengan elemen-elemen
multimedia juga menjadikan eBook lebih efektif sebagai alat penyampaian pesan
materi pelajaran dari pengajar. Sebagai contoh: pengajar/trainer dapat dengan
mudah memberikan contoh-contoh dengan video yang akan lebih mendukung secara
audio-visual. Komunikasi antara trainer dan trainee dengan
menggunakan medium media baca dan media audio-visual ini dianggap cukup efektif
asalkan dengan penyusunan materi eBook yang baik oleh trainer.
Menurut saya penggunaan eBook
sebagai alat pembelajaran atau dalam web-based training dapat saja
dilakukan, mengingat saat ini sudah banyak kampus-kampus yang menyediakan
program E-Learning. Saya meragukan bahwa media ini akan cocok dalam
kegiatan training bagi organisasi. Karena belum tentu media ini efektif dalam
memacu keinginan belajar siswa atau peserta training. Karena menurut Teori
Media Richness komunikasi tatap muka adalah yang paling kaya dan yang paling
efektif untuk mendistribusikan instruksi atau pesan-pesan yang penting.
Segala
sesuatu yang berhubungan dengan keberhasil belajar tidak lepas dari medianya
yaitu dalam tulisan ini E-book. Manfaatnya sangat dirasakan bagi pendidik dan
peserta didik. Pendidik dan peserta didik sangat terbantu dengan E-book.
Satu lagi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk
membantu terjangkaunya E-book dari masyarakat desa sampai kota. E-book
diharapkan tidak terpusat hanya pada daerah kota, tetapi menyeluruh untuk
pengguna baik pendidik dan peserta didik di desa maupun kota.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar