Minggu, 03 November 2013

TUGAS POSTINGAN E-B00K




                    E-BOOK SEBAGAI MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

            

 





   Penggunaan media pembelajaran sudah mulai digunakan oleh kalangan masyarakat termasuk pendidik dan peserta didik. E-book menjadi media yang penting dalam pembelajaran. Fungsi dan manfaat E-book sangat dirasakan oleh pengguna seperti pendidik dan peserta didik. Apakah peran E-book sudah dirasakan bagi pendidik dan peserta didik?
E-book menjadi media belajar yang populer selama beberapa tahun ini karena pemerintah secara penuh mendukung penggunaan E-book dalam pembelajaran. E-book berperan penting dalam proses pembelajaran karena memiliki keunggulan. Keunggulan dari E-book bisa dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Adapun kekurangan dari E-book dilihat dari pengguna setiap daerah.
Beberapa keuntungan eBook dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Mobility
Kegunaan yang paling menonjol dari eBook adalah kemudahan untuk dibawa dan dibuka melalui bermacam-macam perangkat digital yang bisa dibawa kemana saja. Teknologi eBook didesain untuk beberapa perangkat digital contohnya: Smartphone, Ipad, tablet, PDA, netbook, laptop dan lain-lain.


2.      Ease of Updating Content
Karena format eBook dalam bentuk digital maka salah satu kelebihan eBook adalah kemudahan untuk melakukan pengeditan, meng-update dan mempublikasikannya kembali kepada para pembaca.
3.      Cost Effective Publication
Pada cetakan tradisional dibutuhkan waktu yang lama dan proses yang cukup panjang dalam hal mempublikasi dan mendistribusikan. Berbeda halnya dengan eBook yang tidak menimbulkan biaya apapun dalam hal memperbaharui, meng-edit dan publikasi atau distribusi ulang. Oleh karenanya, manfaat eBook bagi para penulis yaitu hemat biaya distribusi ulang. Penulis dapat meng-update tulisannya lebih sering sesuai kebutuhannya.
4.      Multimedia Capability
Manfaat istimewa eBook yaitu dengan mudah dapat berintegrasi dengan elemen-elemen multimedia (video, audio, interactive graphics, dan sebagainya).
5.      eReader “Plusses”
Salah satu keunggulannya juga pada kecocokan format aplikasi eBook dengan berbagai device atau perangkat digital yang membuat pengguna atau pembaca tidak perlu banyak mengutak-atik device.
6.      Scalable and Re-Flowable Text
Dalam penggunaannya eBook sangat menarik bagi pembaca karena tampilan teks, warna, ukuran dan terutama format eBook ini telah diatur sedemikian rupa agar aspek visualnya bisa di edit oleh pembaca.
7.      Built-In Dictionary
Karena ada built-in dictionary, pembaca dapat mencari definisi setiap kata dalam bacaannya.
8.      Bookmarking
Fungsi pembatas buku otomatis dapat memudahkan pembaca untuk kembali ke halaman yang dibacanya dan membolak-balik halaman tanpa khawatir lupa halaman yang dibaca terakhir.
9.      Highlights, Annotations and Notes
Manfaat menarik eBook juga dapat menandai kalimat yang dibaca, membuat catatan dan  komentar untuk menandai bacaan yang dibaca. Penambahan-penambahan ini akan terus menempel di eBook sampai pembaca memutuskan untuk menghapusnya. CITATION Joe11 \l 1033 (Zarley, 2011)

 Ada pula beberapa kendala dalam pemanfaatan eBook diantaranya:
1.      Lack of Comfort with Digital Reading
Sebagai alat pembelajaran, beberapa orang mungkin merasa siap menggunakan eBook sedangkan beberapa orang masih terbiasa dengan kenyamanan bentuk cetakan buku tradisional. Hal ini menjadi kendala untuk menggunakan eBook sebagai alat pembelajaran bersama.
2.      Limited Distribution of eReaders
Popularitas pengguna internet dan eBook dalam 2-5 tahun terakhir ini naik cukup pesat. Namun belum merata pada masyarakat. Karena ini merupakan salah satu kendala, maka sosialisasi eBook sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat mengerti pentingnya eBook dalam melakukan efisiensi biaya cetak.
3.      Variations in Hardware and Software
Beberapa perangkat keras digital mungkin memiliki software yang sama untuk dapat membaca eBook. Tapi beberapa memiliki format software yang berbeda untuk membaca eBook. Hal ini menjadi kendala karena ketidaksamaan interpretasi oleh masing-masing software untuk memvisualisasikan eBook. CITATION Joe11 \l 1033 (Zarley, 2011)
Di Indonesia penggunaan eBook belum begitu populer seperti di Amerika Serikat yang telah mencapai angka 53% pembaca perpustakaan memilih eBook. Di Indonesia penggunaan eBook hanya populer pada pengguna gadget dan masyarakat perkotaan yang telah memiliki kemudahan akses internet. Itulah sebabnya mengapa E-learning hanya tersedia dikampus-kampus dikota-kota besar. Kemungkinan untuk masyarakat memilih eBook sebagai bahan acuannya masih sangat kecil dan belum bisa merata.
            Sebagai alat pembelajaran yang memiliki manfaat efisiensi biaya dan waktu bagi pengajar dan siswa, eBook juga memiliki manfaat yang sama dalam organisasi sebagai contoh untuk kegiatan training karyawan. Pemanfaatan teknologi seperti web-based training memberikan sejumlah kemudahan bagi trainer untuk menyampaikan bahan materinya kepada peserta training. Penggunaannya yang mirip dengan cetakan buku tradisional dengan keuntungan tidak perlu membeli stabillo, pensil, pulpen, pembatas buku, juga tidak perlu fotocopy untuk memperbanyak materi, membuat eBook menjadi alat yang lebih baik untuk menggantikan cara lama dengan mempergunakan buku cetak. Kemudahan integrasi dengan elemen-elemen multimedia juga menjadikan eBook lebih efektif sebagai alat penyampaian pesan materi pelajaran dari pengajar. Sebagai contoh: pengajar/trainer dapat dengan mudah memberikan contoh-contoh dengan video yang akan lebih mendukung secara audio-visual. Komunikasi antara trainer dan trainee dengan menggunakan medium media baca dan media audio-visual ini dianggap cukup efektif asalkan dengan penyusunan materi eBook yang baik oleh trainer.
Menurut saya penggunaan eBook sebagai alat pembelajaran atau dalam web-based training dapat saja dilakukan, mengingat saat ini sudah banyak kampus-kampus yang menyediakan program E-Learning. Saya meragukan bahwa media ini akan cocok dalam kegiatan training bagi organisasi. Karena belum tentu media ini efektif dalam memacu keinginan belajar siswa atau peserta training. Karena menurut Teori Media Richness komunikasi tatap muka adalah yang paling kaya dan yang paling efektif untuk mendistribusikan instruksi atau pesan-pesan yang penting.


Segala sesuatu yang berhubungan dengan keberhasil belajar tidak lepas dari medianya yaitu dalam tulisan ini E-book. Manfaatnya sangat dirasakan bagi pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik sangat terbantu dengan E-book.
Satu lagi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk membantu terjangkaunya E-book dari masyarakat desa sampai kota. E-book diharapkan tidak terpusat hanya pada daerah kota, tetapi menyeluruh untuk pengguna baik pendidik dan peserta didik di desa maupun kota.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar